Home
news
Prodi TI Lakukan Review Visi Misi dan Kurikulum Secara Virtual

Prodi TI Lakukan Review Visi Misi dan Kurikulum Secara Virtual


Senin, 2020-06-22 - 15:42:51 WIB

Dalam mengoptimalkan mutu dan kualitasnya, Prodi (Program Studi) TI Poltek HB (Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama) pada tanggal 19 Juni 2020 telah melakukan kegiatan review visi misi dan kurikulum yang diselenggarakan secara virtual. Review visi misi dan kurikulum yang dilakukan ini sebagai salah satu upaya guna menjaga mutu dan kualitas pembelajaran, terutama mutu lulusan yang dihasilkan. Review Visi misi dan kurikulum ini sebelumnya telah dibahas beberapa kali dalam rapat internal prodi, dan setelah draft ini telah disepakati oleh internal prodi, kemudian dilakukan review dengan mengundang pihak eksternal prodi, untuk meminta pandangan, saran dan kritik atas draft tersebut.

Hadir dalam rapat virtual tersebut sebagai pereview utama adalah : Dr. Suryono, M.Si selaku Ketua APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) Jawa Tengah dan M. Octaviano Pratama, M.Kom selaku CTO Bisa.AI. Selain beliau berdua hadir juga dalam rapat tersebut seluruh dosen internal prodi, perwakilan institusi yang dihadiri oleh Wakil Direktur I dan Ketua P2M (Pusat Penjaminan Mutu), perwakilan stakeholder, perwakilan alumni, dan perwakilan mahasiswa.

Ginanjar Wiro Sasmito, selaku Ketua Prodi TI, menyampaikan bahwa pembaharuan visi misi dan kurikulum ini dilakukan karena masa pencapaian visi misi prodi hampir berakhir, tren perkembangan teknologi semakin cepat terutama dalam menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0, dan tentunya untuk lebih mempersiapkan lulusan / alumni agar lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi, terutama mengenai : Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Ginanjar menambahkan bahwa Core Competence kita masih dalam bidang perangkat lunak, akan tetapi kita optimalkan agar lebih fokus pada perangkat lunak yang cerdas, sesuai dengan tren saat ini, sehingga mahasiswa dan terutama alumni bisa adaptif terhadap perkembangan zaman.

Suryono dan Octav selaku pereview utama mengapresiasi atas draft yang telah disusun oleh tim dari prodi TI PHB tersebut, ia berdua mengakui bahwa draft ini sudah cukup bagus, dan hanya akan mengomentari dan menguatkan argumentasi yang mesti disampaikan dalam pemilihan kata pada visi misi maupun pemilihan mata kuliah pada kurikulum. Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Direktur I : Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom yang juga mengapresiasi langkah yang dilakukan prodi yakni memulai review visi misi dan kurikulum, setelah beberapa waktu yang lalu pihaknya telah mendeklarasikan visi misi institusi yang baru. Ia berharap agar review visi misi dan kurikulum ini segera terselesaikan dan dapat segera diterapkan terutama di tahun akademik yang akan datang.


Share Berita


Komentari Berita