Home
news
TI Poltek HB Lakukan Studi Banding ke BINUS dan PNJ

TI Poltek HB Lakukan Studi Banding ke BINUS dan PNJ


Sabtu, 2019-03-16 - 07:24:53 WIB

Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi, Program Studi (Prodi )Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) Tegal telah melakukan kunjungan studi banding ke prodi computer science Universitas Bina Nusantara (Binus) dan  Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Kunjungan studi banding tersebut berkaitan dengan peningkatan mutu / kualitas lulusan dan juga peningkatan mutu / kualitas pendidikan vokasi. Hal tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2019 di PNJ dan tanggal 14 Maret 2019 untuk pelaksanaan di Binus.

Ketua Prodi TI Poltek HB Ginanjar Wiro Sasmito bersama dengan timnya : Dega Surono W., Slamet Wiyono, Taufiq Abidin, dan M. Nishom mengaku telah belajar banyak dari kedua kampus tersebut. Beliau mengaku bahwa Binus dan PNJ sangat layak untuk dijadikan rujukan dalam peningkatan mutu dan kualitas prodi yang dikelolanya.

Kunjungan studi banding dihari pertama diterima oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Informatika PNJ, yakni : Mauldy Laya bersama dengan jajarannya, adapun di prodi computer science Binus yakni kunjungan dihari kedua diterima oleh Ketua Prodi S1 computer science Binus, yakni : Derwin Suhartono beserta jajarannya. Beliau berdua sangat mengapresiasi usaha dari pengelola TI Poltek HB dalam melakukan studi banding untuk belajar banyak hal terutama mengenai pengelolaan Prodi yang baik dan optimal.

Poin penting yang dipelajari dari PNJ adalah pada pengelolaan mutu / kualitas pendidikan vokasi, mulai dari kurikulum yang diterapkan, sistem pembelajaran, suasana akademik, pengelolaan laboratorium, sertifikasi kompetensi, maupun penerapan project based learning. Ginanjar selaku ketua rombongan studi banding dari TI Poltek HB merasa puas terhadap keterangan/informasi yang didapatkan pada saat studi banding di PNJ oleh ketua Jurusan Teknik Komputer dan Informatika beserta jajarannya, terutama dalam visinya untuk mewujudkan : the real vocational education, di prodi yang dikelolanya.

Sedangkan di Binus, hal yang banyak dipelajari pada saat kunjungan studi banding adalah pada peningkatan mutu/ kualitas lulusan, seperti : program internship, kegiatan kemahasiswaan, kompetensi mahasiswa, penerapan reward and punishment, pendidikan karakter/moral bagi mahasiswa, serta upaya peningkatan prestasi mahasiswa sesuai dengan bidang studi.

Salah satu penentu kualitas prodi adalah pada daya serap alumni di dunia industri yang sesuai dengan bidang studinya, oleh karenanya kami melakukan studi banding di Binus dalam rangka belajar mengenai hal ini, dan kami menganggap bahwa kami telah tepat dalam memilih tempat untuk mempelajari hal tersebut, kami beserta rombongan merasa sangat tertarik dan antusias dalam mendengarkan informasi / keterangan yang disampaikan oleh ketua prodi S1 computer science Binus, tambah Ginanjar.

Ia mengharapkan poin-poin tertentu yang telah dipelajari di PNJ maupun di Binus dapat diterapkan di Prodi yang dikelolanya, demi peningkatan mutu dan kualitas Prodi TI Poltek HB.


Share Berita


Komentari Berita